Ina
Gimana kabar teman2 di Ramadan ini? msh fit kan untuk menjalani puasa?
Menu berbuka hari pertama pasti deh beraneka rupa... Sepertinya kalo di siang hari dah merancang pengen buka ini itu, taunya begitu berbuka gag sempat dimakan deh.. Hayyooo...
Kalo untuk tarawih gimana nih? khususnya buat emak2 yg masih punya anak balita?. Bagi Ina ini adalah puasa tahun kedua sebagai seorang emak. Kalo tahun kemaren Nabila masih umur sekitar sebulanan, sekarang dah setahun. So, kita mengadakan uji coba pada Nabila. Jadi, tarawih pertama kemaren kita ajak Nabila. Berduyun2 lah kita ke Masjid terdekat. Ina gendong Nabila, Suami dan Mbak Tun. Owiya, tak lupa kita bawa jilbab Ina yg gede untuk mukena Nabila. Habisnya, siangnya kita cari mukena buat Nabila, kegedean semua. Lha hiyalah, org Nabila msh setahun. Akhirnya kita beli jilbab ukuran anak TK, buat mukena atasan Nabila. Tapi akhirnya koq yg dibawa ke Masjid jilbabnya Ina ya... eeeh tapi gag kepake juga, habis ribet. Sesampe di masjid, Nabila msh pake jilbab yg dipake di Metro. gag disangka gag dinyana dia ketemu teman sebayanya disana, yah sekitar 2,5 tahunan. Mereka asik berbincang dan bermain2. Nabila jalan kesana kemari, secara dia belum lama bisa jalan keknya sekarang dah enjoy banget.
Begitu mulai shalat qobliyah isha', Ina ma mbak Tun masih bergantian shalat sambil ngawasin Nabila. So shalat sunnah sukses. Selanjutnya shalat Isha', Nabila asik maen ma temennya itu, tapi shalat ina jd gag khusyu' gitu, soalnya takut Nabila gangguin para jamaah. Masalahnya Nabila dan temannya jalan2 di depan para jamaah. Dari tempat Ina shalat, terdengar Nbaila ngobrol2 dg bahasa bayinya. Begitu shalat isha' selesai, jamaah di sekitar Ina pada heboh, katanya Nabila ngegemesin, ceriwis juga. Dan ternyata Nabila yg sok PD pegang2 mukena para jamaah, terus berciluk ba gitu. Bikin geli orang2 deh. Selanjutnya shalat ba'diyah, alhamdulillah lancar juga. Lalu shalat tarawih pertama masih lancar2 saja. Lalu tarawih kedua ... eng ing eng ... Nabila rupanya mulai cape. Disaat mo duduk attahiyat, Nabila teriak, rupanya dia tersesat di t4 orang, secara semua pake mukena yg putih2 jadi susye ngenalin emaknya. Wadduh... langsung deh Nabila Ina bawa daan... ternyata dia haus daan ... kita gag bawa dotnya daan ... akhirnya enen deh, sambil ditutupin pake mukena. Yang lucunya ada anak , waktu shalat dia nunjuk2 Ina, itu mama katanya. Waah jadi mengacaukan shalat orang2 niih. Dosa gag ya?..
Ya sutrah, akhirnya shalat tarawih & witir Ina dilanjutkan di rumah, karena Nabila gag mau digeletakin, maunya dipangku mpe shalat berakhir. So untuk tarawih selanjutnya Ina di rumah aja kalee ... hihi. Sebenarnya siih bagus untuk ngedidik Nabila, tapi keknya gag bagus untuk jamaah laen, jadi terganggu, selaen itu shalat Ina jd gag khusyu'. Jadi keknya lebih besar mudharatnya. So, kita putuskan sementara ini, Ina dan Nabila shalat tarawihnya di rumah aja :).

7 comments:

  1. Ramadhan kali ini Naufal blom diajak taraweh di mesjid, krn masih batuk pilek. Ntar kali kl udh sembuh. Jadi taraweh di rumah ama Ibu, duuuh tu anak mengganggu konsentrasi aja deh, gangguin Ibunya yg lg taraweh, sampe aku lupa udh raka'at brp...hehehe....
    Belom lagi kl pas buka puasa...gak nikmat banget deh, krn selalu direcokin Naufal...adaaaa aja, ya numpahin air, sayur, ngacak2 makanan, pipis, muntah dll.....duuuh, bener2 diuji nih kesabaran....

    ReplyDelete
  2. Hehehe..resiko yah Na..jadi ibu..mungkin thn depan Nabila dah bisa taraweh tanpa bikin sholat emaknya gak khusyu

    ReplyDelete
  3. Ina, samaan dong... Nia juga tarawih di rmh. Tarawihnya jug nunggu ayahnya Rayna pulang dr masjid.

    ReplyDelete
  4. wahh.. pasti lucu tuh pas Nabila main ma temen2nya

    diah jg Tarwihnya di rumah mb.. klo gk sempat d warnet *hehehh*

    btw makasih bangett yaa mba.. doa dan ucapan tuk Ibu ku..

    ReplyDelete
  5. kalau dah punya anak, emang radasyusyah gitu buat pergi tawihan di mesjid ya?
    gak apa-apa loh, kan perempuan emang lebih baik shalat dirumah katanya

    ReplyDelete
  6. ina, daku udah nyerah duluan mau bawa iman ke mesjid haha.. kebayang aja bakal bikin sirkus :D gimana puasa lancar ya mba insyaAllah!

    ReplyDelete
  7. Hehehe.. paling gak umur 3 tahun baru bisa anteng kali yak.. soalnya ponakanku umur 2 tahun masih suka wara wiri gangguin orang :D

    ReplyDelete