Ina
Waah dah lama gag posting & BW niiy... dah berapa lama ya? dah semingguan kalee... kuangenn nih.. Pa kabar teman2? semoga ibadah puasanya sekaligus ibadah ramadannya lancar.
Beidewei, kali ini Ina mo sedikit cerita uneg2 Ina, hal yg terjadi di sekitar Ina, sangat dekat dengan Ina. Apa tuuh? Ttg fenomena muslim yg tidak puasa. Bukan karena muslim itu blm baligh or halangan bagi wanita. Tapi, muslim tersebut benar2 sehat wal 'afiat. Aneh kan? dan gag habis pikir.
Menurut kalian, mendingan muslim gag puasa dan terang2an gag puasa or muslim gag puasa tp pura2 puasa? Halaaah, ya ga mending babar blas semuanyah. Parah deh ... :D. Awalnya Ina berhusnudzon dg org2 tersebut, mungkin karena sakit mag yg diderita. Tapi dipikir2 obat mag sekarang dah macem2, bisa juga minta ma dokter secara khusus. Lagian orag2 tersebut keliatan sehat wal 'afiat beraktivitas kantor *ups ...*. Dan org tersebut pun sebenarnya ibadah sehari2nya pun entahlah... Shalat jumat pun kagag. Astaghfirullahal 'adzim. Ampuni hamba kalo jadi membuka aib teman sendiri...
Ina sendiri pernah menegur dan bertanya kenapa sih ga puasa. Jawabannya sih gag serius gituh, ngelesnya afdol deh. Ina merasa teman2 itu sebenarnya sudah tahu benar bagaimana hukumnya, jadi Ina rasa gag erlulah menyebutkan kpd mereka surat albaqarah dalil wajib berpuasa bagi muslim. Sering sudah teman2 muslim lainnya yg berpuasa, menegur baik dg becanda or serius ttg kewajiban puasa, bahkan dalilnya pun disebutkan. Tapi ga mempan juga. Jadi gemesy ... Sebenarnya, Ina sayang sama teman2 tersebut, tapi mo gimana lagi?. Mereka toh bukan org2 muslim yg benar2 buta akan agama islam, mereka tahu betul akan kewajiban itu.
Ada saran?

9 comments:

  1. Salam Mba....

    Hummm saya bukan mau kasih saran Mba whehehe, hanya ikut berbagi kali yahh.
    Kalo yang daku tahu orang-orang yang diperbolehkan gak berpuasa *selain yang emang berhalangan* yah semisal pekerja berat ex: buruh, tukang bangunan, supir en pekerja yang jarak tempuhnya jauh. En pekerjaan orang tersebut merupakan pekerjaan utama dia *bukan sambilan* so dikhawatirkan kalo engga bekerja dengan maksimal maka gak bisa menghidupi keluarganya. Tapi kalo misalnya kuat ya berpuasa lebih baik.

    Kalo diriku kuliah, jarak tempuhnya sekitar 2 jam berangkat en pulang bisa lebih. Pagi2 jam 6 brangkat en pulang kuliah nyampe rumah isya. Stelah tanya temen2 yang lbh senior katanya gpp engga puasa soalnya waktu itu bener2 g kuat *sakit jadinya* tapi kita musti membayar kafarat (denda) dengan memberi makan para fakir miskin.

    Getuh Mba pengalaman diriku...pokoknya tetep smangat ibadahnya Mba yahhh. Salam sayank buat Nabilla......

    ReplyDelete
  2. udah kebal juga tu orang yah In..gak mempan2 dikasih taunya :P
    klo temen ku disini, dia udah lama gak selalu ikutan puasa sampe taon kemaren, trus, suatu hari sebelom bulan puasa tiba dia ngedengerin ceramah di mesjid tentang puasa, dan dalil2nya. Nah, puasa taon ini tuh dia bertekad banget mo ikutan puasa. Sampe2 ada kerjaan di lapangan yang gajinya lumayan ditolak sama dia. Alesannya takut puasanya gak afdol. Apalagi belom dikasih hujan gini :)
    Mungkin harus ada kesdaran dari diri kita sendiri ya In, sebagai temen kita juga udah ngingetin kan..semangat terus untuk ngingetin yah In.. :))

    ReplyDelete
  3. Wah mba kalo emang alasannya ga syar'i emang gemesss ya? tapi kalo mo dibilangin gaya apa ga mempan juga ya udah deh, yang penting kewajiban kita utk ngasih tau n ngingetin udah nyanpe ke dia, mudah2an aja satu saat nanti dia dapet hidayah-Nya...

    ReplyDelete
  4. Hehehe berati tuh orang belum dikasih hidayah itu loh kayak sinetron pintu hidayah.. halah... :D.. Yg penting kewajiban sebagai sesama muslim, kita udah ngingetin, soal dia ga puasa juga biarin deh tanggung jawab dia sama Allah. Iyak gak seh :D.

    ReplyDelete
  5. Saya jg punya temen, bisa dibilang temen deket tapi jauh dimata gitu :D , yg gampang banget gak puasa. Artinya ya dia males, ya krn ini itu alasannya macam2. Udah saya tegur baik2, kasih dalil2, kasih contoh2 keutamaan puasa, diledekin....sampai saya marah2in hihi... eh tetap aja kadang2 puasa bbrp hari, gak puasanya hampir sebulan :(

    Akhirnya ya... saya berdoa aja agar dibukakan mata hatinya, diberi hidayahNya. Cuma itu yang sekarang bisa kita lakukan kan?

    ReplyDelete
  6. Ina, di sini lebih parah lagi! Di s'pore saat bln puasa byk anak-anak muda melayu yg mkn ditempat umum (di siang hari), baik cowok en cewek. Sedih lagi, kalo malem liat mereka pada nongkrong en minum bir.

    Bener kt mbak Putri, qta cm bisa berdoa smg mrk diberi hidayah...

    ReplyDelete
  7. Emang na, ibada puasa itu ibadah yang paling pribadi artinya hanya diri kita sendiri yang tau apa kita puasa apa ngak...iya kan..?? Makanya terkesan ada orang terlihat puasa padahal ngak,,,tapi Allah kan mah tahu ya...kalo shalat..lagnsung kelihatan dia shalat apa ngak..beda ama puasa kan..?? So semoga hati temannya segera dibukakan Allah untuk beribadah puasa yang pribadi ini.

    ReplyDelete
  8. mbak ina....Semoga Alloh membuka pintu hati temennya ya....

    ReplyDelete
  9. di Houston, ada muslim juga, ada yang puasa ada yang gak. =p. Jadi kangen ama tanah air. Klo ramadhan, antusiasme-nya kerasa banget....

    ReplyDelete