Ina

Okeh, tak kenal maka tak sayang, perkenankan kali ini kami bercerita sedikit tentang tempat tinggal kami kini, at least for 3 years. Nggak tahu ntar pindah lagi kemana :). Kalo segala hal tentang Kota Liwa sendiri sih ada disini atau situs pemkotnya di http://www.lampungbarat.go.id/, tapi di bawah ini cerita versi kami yg belum lama tinggal disini. So, simak baik2 yaa ...
1. Kondisi Geografis
Cuaca dinginnn karena daerahnya yang di pegunungan, berbukit2 dan jalan menuju Kota Liwa yang naik dan berkelok2. Kadang paginya berkabut, kita ngomong biasa aja kayak org merokok :). Yaah .. cita2 maen ke luar negri, setidaknya kesampaian hawa dinginnya disini hehe :D. Bagi yang pengen gaya2an pake jacket bulu, syal, boot, bolehlah disini. Asal jangan pagi2, soale terik juga sinar mataharinya. Ntar dikira orgil lagi :D. Tapi, kalo kami ga pake boots kok, soale dipikir2 terlalu lebi disini.
Liwa juga terkenal dg kota gempa. Bahkan dulu rumah yg kami tinggali sekarang, katanya jadi tempat pengungsian dan kumpulin mayat2 korban gempa. Hiii syeremmm. Alhamdulillah sih aman2 saja kok sampai sekarang, doakan yaa ga gempa2 lagi. Owiyah, karena kondisi yang rawan gempa tersebut pula, masih banyak penduduk yg berumah kayu. Palagi memang sudah menjadi kebudayaan org sumatra untuk menggunakan rumah panggung. Walau sudah banyak pula rumah2 tembok bertingkat.
2. Kondisi Perekonomian
Harga2 disini relatif tinggi, dibanding di Jawa, bahkan kota2 sekitarnya. Misalnya saja 1 contoh harga elpiji, sebelum ada kenaikan BBM aja, sudah 70rb rupiah. Palagi sekarang, berapa ya? belum beli lagi, jarang masak sih hehehe :D. Bahkan dulu waktu masa penantian sebelum kenaikan harga BBM, bensin eceran sempat mencapai Rp. 15 rb. Maklum pomp bensin disini cuma atu. Slalu antri, palagi kmrn2 ntu, naudzubillah deh panjangnya.
Disini ga ada mall, mini market franchise sekalipun. Gara2 itu pernah beli produk kosmetik palsu. Lha iyalah, jd tidak terjamin kualitas produk yg kita beli kan kalo kek gitu. Soalnya dimana2 tersebar toko2 baik gede maupun kecil. Tp sekarang dah tahulah mana toko yang jaminan mutu.
Jangan kaget, disini segala fast food ga ada. So Pizza, burger, fried chicken, jauh2 dah. Nugget aja disini ga ada yg jual :(. Musti nitip ke kota sebelah. Tapi kalo produk2 pakaian, jilbab bermerek ada juga sih disini. Cuman ya itu, kurang beragam, walo cukup up to date.
3. Kondisi Soasial Budaya
Setahu kami, baik2 penduduknya. Soale pernah temen chat yg orang lampung asli sendiri malah sering mempertanyakan pada kami *Lho gimana sih nih org*. Ras Jawa sangat banyak disini. Kadang bahkan bisa kita lihat dari bentuk rumahnya, kalo bukan rumah panggung berarti punya org Jawa. Walau ga semuanya juga sih.
Secara disini banyak sesama pendatang, kami sekantor malah seperti keluarga. sering berkunjung, membawa oleh2 dan maen.
4. Aspek Entertainment
Wah binun juga ga ada hiburan disini. Kalo bagi Nabila paling perosotan dll di lapangan. Ga ada entertainment center disini. Kalo ga gitu, Nabila diajak abinya liat Bola. Nabilanya sih seneng aja2,keprok2. Nah, bagi diri ini, dimanagituh lhoh aspek ngehiburnya :D. Hiburan bagiku kini paling cuman blanja ala kadarnya, bisa kebutuhan Nabila,kluarga palagi buat pribadi. Ga ada mall gpp deh, yg penting blanja hihihi. Selain itu nonton Tv di rumah lumayan ngehibur, secara disini pake parabola semua, jadi malah bisa liat siaran internasional. Sayangnya ga semuanya ada translate englishnya. Kan lumayan tuh ga perlu beli DVD korea/asia lainnya hehe.
Yaps, sementara itu dulu, ntar diinget2 lagi deh, kalo ada yg kelupaan kita tulis lagi untuk postingan berikutnya. Makasih tuk membaca sampai di titik ini :).

1 comment:

  1. ceritanya kok ngenes banget ya Na, semoga kamu dan keluarga bisa melewati masa2 seperti ini ya jeng, ...

    Nabila titipin tante aja.

    ReplyDelete