Ina
Hari gini kamu kamu kamu masih nge-blog ajah? duuh sudah ga jamannya deh... *bacanya dengan nada dicentil-centilin*
Sedangkan saya nulis blog aja jaraang banget. Duh berarti saya sudah bisa dibilang adul, angkatan jadul.
Sekarang tuh dimana-mana musimnya nge-Vlog alias video blog, dihadirkan dalam format video dimana kegiatan sehari-hari dituangkan melalui audio sekaligus visual. Vlogging bisa dibuat menggunakan hampir berbagai jenis kamera, mulai dari kamera digital, DSLR, hingga handphone, baik handphone canggih atau dengan kekuatan handphone jadul cekrek cekrek. Eh tapi kalo handphone jadul, jelek donk hasil performanya. Sayang banget, kalo pada akhirnya tampilan aslinya malah lebih baik dari tampilan video woehehe. Nah kemudian, hasil vlog diunggah melalui akun-akun media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook maupun situs blog pribadi. Namun sepertinya kebanyakan sih diupload di youtube. Kalo ga percaya, cek deh di youtube, keren-keren dan gokil. 
Nah para vlogger ini ada yang memilih untuk menampilkan hasil video utuh apa adanya sesuai hasil yang direkam, ada juga yang lebih dulu melewati proses penyuntingan dengan memotong beberapa bagian dari video kemudian disatukan sebelum diunggah atau ditampilkan.
Topik vlog bermacam-macam, mulai dari kebiasaan sehari-hari, hobby, tips, pendapat, ide, musik, isu sosial, hiburan, make-up dan banyak tema lainnya. Namun sepertinya tema apapun itu apabila diramu secara fun bakalan lebih asik dan banyak pengunjung serta liker-nya.
Format vlog bisa dibuat dalam durasi pendek hingga yang sangat panjang. 
Seperti Vlog berikut ini, milik Ria RicisRaditya DikaVidi AldianoKinos Gyna dll. Bahkan yang ga artis juga banyak yang lucu-lucu. Cuman tidak saya sertakan disini. Ntar jadi ajang promosiin mereka hahaha.
Vlog Kinos Gyna

Sebagai seseorang yang belum nge-vlog, saya bisa menyimpulkan beberapa syarat menjadi vlogger. Namun semua syarat itu akhirnya terangkum dalam satu kata yaitu "Percaya diri" haha. Ya iyalah, nampakin muka dan suara sendiri. Kan ga orisinil nanti kalo pake dubber atau pake stuntman. 
Eh tapi, diinget-inget saya ternyata udah nge-vlog dulu banget. Judulnya "Cara mengubah settingan bahasa pada printer canon apa gitu". Yes, ternyata saya sudah pernah. Bikin video singkat, hanya karena sebel, gara-gara setelah reinstall printer dari hasil download internet, eeh settingan bahasa jadi bahasa jepang. Setelah utak atik sendiri, dengan cara membandingkan printer yang sama di ruangan lantai atas di tempat kerja, akhirnya berhasil mengembalikan settingan ke bahasa enggres. Dan tampilan videonya tentu tanpa wajah syantiq saya. Hanya menampilkan sebuah printer dengan jari-jari bulet disertai suara lembut mendayu-dayu.
Nah, apakah kamu termasuk yang suka nge-vlog? Atau suka nonton vlog karya orang lain?
Saya sih termasuk yang kedua haha..



5 comments:

  1. Saya juga baru belajar nih. Mending disuruh nyanyi dipanggung kayanya daripada ngevlog. Berasa kaya orgil yg ngomong sendiri gitu. Trus suka skip kalimatnya. Masih perlu sering berlatih sepertinya sayah ��.

    ReplyDelete
  2. Seru y...tp sy blom pernah coba secara hp sy mash jadul hihihi takut ga bisa.nanti y kpn2 boleh brlajar ng vlog

    ReplyDelete
  3. Keren ya ng vlog, sayangnya aku ga (belum) sepeecaya diri mereka yg suka ng vlog. Padhl kadang2 temanya sederhana banget, ngikutin keseharian mereka, pernah liat juga ngejelasin kondisi kamar kostnya mereka kayak apa, macem2lah..
    Tp emang menarik sih, berasa lebih riil😉

    ReplyDelete
  4. Saya pernah bkn vlog mbak, mungkin hasilnya kurang bagus hehehehe krn pake hp. Di pertanyaan terakhir mbak ina, aku urun jawab ya aku masuk kategori ke2 nya juga hihihhi

    ReplyDelete
  5. Hahahahaha
    Kebayang keselnya, aku malah kejadian di HP zaman dahulu kala. Karena saking hafalnya lokasi setting an jadi bisa dibalikin lagi bahasanya. Hahahahaha

    Bikin video itu males, males take males edit, tpi kalo udah jadi itu seneng bangeeet.

    ReplyDelete