Ina
Yuhuuu .. lama amiir eyke kagak nulis dimari woehehe ...

Tiba2 dapat ilham niih. Setelah sekian lamaa. 
Berhubung masih anget2 nya niih melaksanakan tugas di tempat yang baru. Tepatnya sekitar 2 bulan lamanya. Jadi, rasanya judul di atas sangat cocok untuk dituangkan disini. Yaa.. walopun mungkin tips ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi yang subyektif. 
Setelah sekian lama berpindah-pindah tempat kerja dari Tangerang-Lampung-Aceh-Sumatera- daan balik ke Jateng, sepertinya pengalaman tersebut cukup untuk menjadi bekal saya menuliskannya disini.
Okeh .. kita mulai saja yaa ...
Tips bekerja di tempat yang baru :

  1. Laporan...

    Iya dooonk jelass... Lapor sama yang punya kantor. Lapor dulu sama Boss dan boss medium serta boss kecil yang terkait secara hierarki dan struktural. Hihihi ada gituh boss macem gitu?. Iya adaa.. Jangan sampe pernah kejadian seperti saya. Hanya lapor sama bigboss, hingga terjadi kesalahpahaman sama boss yang lain. Intinya sowan dan permisi dulu sama para pimpinan di tempat kita bekerja.
    Selanjutnya, tak lupa lapor ke bagian HRD atau personalia untuk menyampaikan berkas dokumen kepegawaian kita. Hal ini terkait juga dengan misalnya urusan pelantikan (kalau ada) atau urusan pemberkasan. Nah, jam kerja, baju kerja dan tetek bengek terkait aturan kerja juga kita bisa tanyakan disini. Tanya secara detil. Jangan sampai kita biasa berangkat jam 09.00 wib, ternyata tempat baru berangkat lebih awal. Nah lho, kena potong deh gaji kita ntar..
  2. Munculkan Semangat Baru dan Rasa Antusias

    Mulailah hari-hari di kantor baru dengan paduan rasa percaya diri, antusiasme dan semangat baru. Karena dengan semangat baru yang menggebu kita akhirnya terpacu untuk mengoptimalkan kinerja. Datanglah tepat waktu, buat catatan kehadiran yang baik, dan berpartisipasilah dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan kantor kita. Tunjukkan kepada mereka bahwa kita ini benar-benar pilihan yang tepat dan tidak mengecewakan. Ketika kita mendapatkan tugas, terbukalah dalam diskusi dan kerjakan dengan percaya diri. Kita mungkin tak langsung diberi tugas-tugas besar, tetapi kerjakan semuanya dengan sebaik mungkin untuk hasil maksimal.

  3. Pede aja lagih ...
    Ini trik lain yang bisa membuatmu tenang. Percayalah pada kemampuan yang kita miliki dan percaya bahwa kita akan dihargai karenanya. Hadapi bab baru dalam hidup dengan senyum lebar dan pikiran yang terbuka, karena kita akan baik-baik sajaaaaa :D . Lakukan saja yang terbaik yang kita bisa, nah setelah itu, serahkan segala sesuatu pada yang di atas. Jangan khawatir, keep positif thinking ajah. Kita bekerja bersama-sama orang dewasa juga, bukan anak kecil. Jadi apabila kita melakukan kesalahan, pasti mereka juga mengerti dan cukup bijaksana untuk memahami kita yang newbie dan masih unyu-unyu di tempat baru :D .
  4. Berusaha mengenal semua orang
    Biasanya siih, ada tipe pimpinan yang kemudian membawa pegawai baru untuk berkeliling seluruh ruangan dan memperkenalkan kita kepada seluruh orang di kantor. Tapi, ada juga yang beda. Namanya beda lokasi, beda kebiasaan, beda budaya dan tradisi. Nah, kita musti inisiatif sendiri. Main2 ke ruangan lain. Sembari ngobrol dan bertanya-tanya terkait kerjaan atau tanya-tanya aja tentang informasi tempat2 kuliner, toko serba ada, toko baju, penjahit, tukang sayur, dan lain sebagainya.
    Mau ga mau, mungkin saja kita yang biasanya pendiem, memaksakan diri untuk banyak ngomong. Itu saya woehehe... 
  5. Jangan malu bertanya

    Yaa, namanya kerja di tempat baru, bisa jadi tugas dan fungsi kita berbeda sama sekali dengan tugas kita di tempat yang lama. Jadi, banyak bertanya itu wajar. Biasanya para pimpinan pun malah akan membantu dan membimbing kita agar kita bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi serta sesuai SOP. Apalagi sekarang dimana-mana sudah ada SOP yang terdokumentasi secara jelas. Tentunya kita jadi lebih mudah dalam mempelajari tugas-tugas sehari kita.
    Di sisi lain, kita juga harus terbuka atas segala kritik dan saran yang membangun. 
  6. Jaga Etika

    Yang terpenting adalah jaga etika kita. Walopun boleh dibilang kita mencoba sksd pada setiap orang, tapi tentunya ada norma-norma yang tidak boleh kita langgar. Misalnya, kita menjaga agar tidak mencampuri urusan pribadi orang, jangan kepo, dan say no to gossip. 
  7. Tetap jadi diri sendiri

    Pencitraan sekarang lagi musim niih :D .
    Berubah menjadi lebih baik itu adalah hal yang harus selalu kita lakukan. Tetapi merubah hal-hal yang bersifat positif. Nah, kalo hal-hal lain yang lebay sehingga membuat diri kita sendiri tidak nyaman pasti nantinya akan merugikan kita sendiri. So.. lebih baik dari awal, kita tetap konsisten terhadap hal-hal yang sudah menjadi patokan dan pedoman kita.
    Mmmm misalnya apa yaa ...
    Gini misalnya untuk merayakan first day kita ngantor, kita diajak teman2 untuk clubbing or dugem or keluar malam yang kita tidak pernah lakukan sebelumnya. Jangan takut untuk say no terhadap hal-hal tersebut.
    Contoh lain, teman kerja kita pake mobil semua. Kita memaksakan diri juga untuk pake mobil yang mungkin secara anggaran kita paksakan. Sehingga akhirnya kita terjerat oleh hutang yang akhirnya merugikan kita.
    Contoh lain lagi, temen kerja kita pake baju or barang2 yang branded. Kita pun mau mencoba mengimbangi tapi sayangnya ga sejalan dengan pengeluaran lain kita yang juga besar. Akhirnya saldo kita jadi minus deh hehe...
    Nah contoh sebaliknya niih ..
    Misalnya kita biasa shalat tepat waktu, terus jadi segan meninggalkan ruangan ketika tiba waktu shalat. Tentunya kita sendiri jadi ga nyaman. Padahal mungkin, keseganan kita tanpa dasar, karena pada dasarnya tidak ada larangan dan masalah terhadap rekan sekerja dan pimpinan kita.

    Nah itu tips yang bisa saya sampaikan. Mungkin masih banyak yang bisa ditambahkan. Intinya siih, menjaga agar kita nyaman bekerja. Namanya juga hampir seharian kita berada di tempat kerja. Ketika kita sudah menciptakan kondisi yang nyaman, tentunya akan berdampak pada kinerja kita yang bagus.


    Semoga bermanfaat ... Semangaaaat eaaa ...
    Nah, berikut poto saya di tempat kerja baru bersama keluarga ...




Rencana awal, saya dilantik tanpa kehadiran keluarga. Ternyata setelah tahu  bahwa temen satu pelantikan juga dihadiri kawan dan pimpinan dari kantor lamanya juga ada anjuran dari pimpinan agar dapat dihadiri keluarga, akhirnya suami bersedia hadir. Daaan surprice ... anak-anak dibawa juga :D ...

2 comments:


  1. ========================================================
    obat miom

    obat miom

    obat miom

    obat miom

    obat miom
    ========================================================

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat untuk kita semua, salam sehat selalu dari Toko Zahra herbal

    ReplyDelete