Ina
Yaa .. oke saya sekarang sedang sakit pinggang. 
Kenapa? Karena eh karena akhir-akhir ini banyak kerja bakti di tempat kerja yang baru. Mmmm kemungkinan siih... Selain itu mungkin juga disebabkan lagi dapat tamu bulanan. Pegelnyaaa ... sampe mengganggu kestabilan tidur malam saya yang nyenyak. Pengennya siih dipijet. Kayaknya itu solusi paling ampuh. Berhubung masih dalam situasi yang tidak memungkinkan, saya belum menemukan tukang pijet yang baik lagi bijaksana.
Akhirnya mencari-cari solusi biar sakit pinggang hilang. Googling deh ... setelah klik klik bebrapa kali, akhirnya dapat rangkuman buat dibaca-baca sendiri. Dibaca saya sendiri lho, kalo ada yang baca, ya silakan .. semoga bermanfaat.
Berikut Solusi sakit pinggang secara alami tanpa obat-obatan :
Latihan Olahraga
Olahraga sangat penting dilakukan untuk mengurangi sakit/nyeri pinggang dengan memperkuat peregangan otot-otot yang mendukung tulang belakang dan membantu mencegah terjadinya cedera, dalam berolahraga anda dapat melakukan hal berjalan jarak pendek atau berenang.
---> nah ini dia, dah lama ga olahraga. Biasanya Jumat ada senam, itupun ga serius. Nah Jumat terakhir kemarin dan Jumat ini ditiadakan. 2 Minggu kerja bakti mulu woehehe..

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan berat badan juga bisa menjadi pereda sakit pinggang pasalnya semakin badan anda berat maka pinggang akan bekerja ekstra untuk menopang berat badan tersebut.
---->hmmmm .. kalo diliat-liat, ditimbang-timbang berat badan saya setelah saya pindah ke tempat baru ini memang sudah naik sebanyak 4 kg. Wow 4 kg sodara2 ... Mungkin pinggang saya akhirnya semacam terkaget2 menopang berat badan yang kian bertambah :D ...

Terkena Cedera
Dianjurkan untuk anda bila terkena cedera menggunakan kompres es di atas area cedera lakukan kompres selama 20 menit  .
---> skip ... tak ada cidera .. alhamdulillah ...

Terapi Pijat
Terapi pijat sangat baik di lakukan untuk mencegah ketegangan otot-otot pinggang , manfaat terapi pijat untuk perbaikan sirkulasi , membantu meringankan nyeri otot, dan meningkatkan endorfin (hormon yang dihasilkan tubuh sebagai penghilang rasa sakit alami).
---> Yaps .. betyuuuuul sekaliiiii ... nunggu yang dari kota sebelah buat pijetin akuuuh ... 

Mandi Air Hangat
Air hangat dapat mengurangi sakit pinggang dengan cara mengendurkan otot, membuat otot menjadi rileks dan melancarkan darah sehingga nyeri punggung akan segera pulih.
----> Okeh ... kalo yang ini bisa segera dicoba dicoba dicoba ... 

Kompres
Kompres yang bisa sobat lakukan disini adalah kompres hangat atau kompres dingin, untuk hasil yang maksimal lebih baik sobat memilih kompres hangat. Caranya taruh air hangat di dalam botol. Rasa panas bisa disesuaikan dengan selera. Taruh botol yaang telah terisi air panas tadi taruh di punggung yang sakit. Lapisi dengan kain tipis sehingga botol tidak langsung menempel dikulit.
---> boleh juga ...

Perbaiki posisi tidur
Perbaiki posisi tidur agar kelengkungan tulang belakang yang mebuat punggung menjadi sakit tidak bertambah parah.  Jika ingin tidur miring, miring kanan, tarik kaki kiri keatas, berikan bantal diantara kaki. Posisi tidur seperti memeluk bantal. Jika tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut untuk memperbaiki kelengkungan tulang belakang atau punggung bagian bawah.
---> baiklaaah ...

Sakit pinggang sangat wajar terjadi pada siapa saja. Semoga tips di atas bermanfaat. Yaa setidaknya bisa mengurangi sakit yang saya derita. Doakan yaa ...

2 comments:


  1. ========================================================
    obat miom

    obat miom

    obat miom

    obat miom

    obat miom
    ========================================================

    ReplyDelete
  2. Nice info mbak, kl suami sakit pingang nya kambuh aku mo suruh beliau lakukan smua yg mbak info kan.

    ReplyDelete