Ina

Oalah mo update blog kok ya g jadi2, padahal dah banyak judul, tapi ga ber-ending. Moga yang kali ini sukses …

Kali ini cerita tentang keprihatinan kami terhadap si kakak Nabila. Terlebih, keprihatinan ini muncul ketika masa tahun ajaran baru kemaren. Di bulan Juni yg barusan lewat itu, ternyata teman sepermainan Nabila se-komplek berencana daftar ke SD karena sudah pinter membaca. Wuah, ikut seneng sih saya, tapi shocked juga jadinya ngeliat Nabila yg nyante, lom bisa baca, sambil mikir2 juga, nih anak di sekolah TK nya mang ngapain aja kerjaannya. Padahal dulu, pas pertama kali datang di kualasimpang ini, pernah kami main bersama, tebak2an huruf, masih jagoan si Nabila lhoh drpd si tetangga. Nah yg anak tetangga tersebut memang di TK yang berbeda, pulangnya pun siang banget, ternyata dia ikut les after school hours. Ga heran siih, jd dah jago baca & berhitung. Jadinya saya sediih banget, oh Nabila, anakku sing ayouw kok begindang… Nah, orang2 sih pada bilang kan di TK ga memaksakan tuk bisa baca. Jadi kesimpulan mereka, kalo mo bisa baca ya musti les, seperti yang diterapkan pada tetangga saya ntu. Oalaaah, padahal saya sempet kepikiran sebelumnya, nih anak tetangga kasian amat yak, sekolah TK kok pulangnya siaaang banget, ternyata les calistung. Sedih rasanya, namun ada yang sedikit melegakan hati, yaitu bahwa kenyataan kalo memang mereka berdua, Nabila dan si anak tetangga ini selisih lahirnya memang 8 bulan. Yaa bisa dibilang memang beda angkatan gitu laaah. Lagian umur Nabila baru 5 tahun di 31 Agustus ntar, kasian juga kalo dipaksakan ke SD. Oh lega dikit deh kaya gitu. Walopun gitu, saya masih sedih jugak, soalnya ekspektasi saya ke Nabila tuh guede. Dari kecil sekitar umur 2 tahun 2 bulan ikut Play Group, bahkan semenjak di PAUD Al Qolam di Liwa (Lampung Barat), saya pikir *menurut sayah nih woehehe ..* kepandaiannya terasah disana. Dari pengenalan huruf latin, hapal2an doa, hadits pendek, surat2 pendek & Iqra'. Kalow yg Iqra' memang rutin saya yang ngajar sendiri, dan perkembangannya Alhamdulillah cukup … cukup membuat pusing kepala huehehehe, ga ding, ya lumayan lah dah di jilid 4, walo sekarang suka males2an juga. Soalnya sempet vakum 4 bulanan ga ngaji, gara2 proses perpindahan kota yg butuh adaptasi *hallah alesan, adaaa ajah … resiko bapaknya suka dipindah2*. Lagi2 meleset dr ekspektasi saya, yang mustinya dia dah baca alquran. Nah, kalo hapalan surat yg terakhir dari PAUD Qolam sudah sampe al Kafirun, yang berarti itu adalah setahun yg lalu sebelon pindah di aceh tamiang - t4 yg sekarang kami tinggali ini -. Begitu masuk TK, ternyata yang dihapal ya itu2 aja, jadinya ga nambah. Well, salah saya juga siih kurang telaten, dengan apologi bahwa kami berdua berangkat pagi pulang sore, pulang ke rumah, tinggal capeknya.

Okeh, kembali ke keprihatinan saya terhadap Nabila yang berangsur reda. Ternyata kelegaan itu hanya sementara, sebentaaar banget. Ketika ada temen TK Nabila yang namanya Taqiya maen ke rumah, dan sedang liat CD bersama Nabila. Iseng2 saya suruh dia baca, ternyata bisa bow. Wadduuuh, kesedihan saya pun kembali mendera. Bahkan, kini lebih kuat dari sebelumnya *hallah bahasane sok novelis bangets*. Nah ini yang salah siapa nih, anaknya dwoonk, lha wong sama2 satu sekolahan. Kalau dah ada kurikulumnya mustinya kan Nabila bisa juga hiks … Nah pas sorenya, sang ibu jemput nih anak, saya segera memberondong dengan berbagai pertanyaan *wuihihi lebay ..*. Singkat cerita ternyata dari TK memang tidak memaksakan anak membaca, sang emak lah yang ngajarin anaknya, pakai metode baca layaknya iqra/qira ati, semacam ada jilid 1, 2, 3 dst gituuh. Ooooh I see, kesalahan ternyata ada pada ortu Nabila qiqiqiqi, malllyu akyuuu. Memang ortunya Nabila ga telaten ngurusin anaknya, keenakan pas jaman di PAUD Qolam dulu, yang tahu2 Nabila dah hapal surat2 & hadits berikut artinya. Huft … *tarik napas panjang ceritanya …* jadi kangen sama PAUD Qolam, sekolahnya dari jam 8 mpe jam 2, senin mpe jumat. Metodenya belajar sambil bermain, jadi anak2 merasa ga kepaksa, bahkan suka sedih kalo lagi libur, pengennya sekulaaah terus. Bahkan gurunya suka bilang "Kami tidak mengajari mereka, mereka belajar dengan sendirinya." Wow dech … palagi kurikulumnya ga hanya mencerdaskan secara lahir ajah tapi juga batin dan ruhani mereka. Nabila jadi sadar sendiri tentang ibadah shalat, tentang ahlaq yang ahsan, cara ngomongnya pun beda ma yang sekarang. Beda ma Nabila sekarang, gaya ngomongnya dah agak nada tinggi, maklum sesuai dengan letak geografis sekarang *ga usah disebut, ntar dibilang rasism lagi*, cepeet bgt ya anak2 adaptasi sama lingkungan baru. Trus dulu kalo dibilangin,"semua ada aturannya", "harus bertanggung jawab" *dengan nada manis ya bacanya* pasti nurut, kalo sekarang … ^&%^%.

Nah akhirnya, kami pinjam deh buku si anak tersebut lewat emaknya. Dan ajaib memang … ternyata Nabila langsung bisa. Well, memang sebenarnya Nabila dah bisa nge-eja lama dari PAUD Qolam ituh. Cuman ga ditingkatkan lagih, sekedar hanya bisa baca ba bi bu be bo, ca ci cu ce co dst. Malamnya habis pinjem, Nabila langsung ditest, belum begitu menggembirakan, masih lama mikirnya. Besoknya, Nabila saya ajak lagi baca buku kecil tebel yang bisa dibolak balik untuk menyusun 2 buah kata *pinjeman dari taqiya juga qiqiqi *,masih ogah2an, dijawab sekenanya. Kok ya ga termotivatisi sama taqiya yg udah bias baca siich. Ternyata paginya, di sekulah TK yang baru *akhirnya memang saya pindahin pas tahun ajaran baru, karena factor jarak yang jauh dari rumah, dan satu sekulahan lagi sama Taqiya :D, memang bespren nih anak dua* dikasih buku baca sederhana, hampir mirip seperti yang Nabila pinjem dari Taqiya. Langsung deh sehabis pulang sekolah, Nabila babat habis bacanya. Wuih subhanalloh, ternyata Nabila bisa woehehehe. Kayaknya dia lebih nurut kalo yang nyuruh gurunya di sekolah. Ayo nak yang semangadh yaaah :D. Memang dari awal kalo mo bisa, bisa kok. Harus banyak dimotivasi dengan pujian. Emak bapaknya aja yang sok syibyuuuk ajah. Banggaaa deh sama kakak Nabila.

0 Responses

Post a Comment