Ina
Hi hi ...
Berhubung saya lagi asik dengan mainan baru saya, yaitu si baby boy maeqli, so postingan kali ini masih tetep membahas hal yang berkaitan dg si baby boy. Kali ini saya ingin mempost ttg mainan untuk mainan saya huehue ... Postingan ini saya kumpulkan dari hasil nge-brows2 dan sengaja saya copypaste untuk memudahkan saya melihat2nya kembali.
Nah sebelum membahas mainan bayi, saya uraikan sedikit ttg tahapan perkembangan kemampuan bayi, sbb:
  • Usia 0-1 bulanKemampuan yang dicapai: Mulai memilah-milah dan mengenali beberapa rangsang dari luar dirinya
  • Usia 1-2 bulanKemampuan yang dicapai: Mengangkat kepala, Memberi respon terhadap suara, Berkomunikasi melalui tatapan, gerakan tubuh dan tangisan, Dapat melihat benda dengan pola hitam-putih, Dapat mengikuti dan memfokuskan pandangan pada sebuah objek.
  • Usia 2-3 bulanKemampuan yang dicapai: Mengangkat kepala dan menahannya untuk beberapa saat, Mulai tersenyum jika mendengar suara ayah atau ibu, Mulai berceloteh "ahh " atau "ohh" dan mendekut (coing).
  • Usia 3-4 bulanKemampuan yang dicapai: Menunjukkan ekspresi dengan tertawa, Mengangkat kepala dengan stabil, Mengenali muka bau dan mulai mengenali sosok orang tuanya, Mulai tertarik memberhatikan tubuhnya sendiri.
Nah, selanjutnya untuk dapat merangsang kemampuan spt hal2 di atas, berikut mainan2 yg menunjang:




1. Cahaya
Untuk membantu bayi baru lahir memfokuskan matanya, latihlah bayi hingga dia bisa mengikuti sumber cahaya. Caranya antara lain:



  • sorotkan senter di dalam kamar yang gelap
  • sibaklah tirai jendela di pagi hari agar cahaya matahari masuk ke dalam kamarnya
2. Gambar Bergaris Tebal, Berpola Sederhana dan Berwarna Hitam-Putih
Ini juga berfungsi untuk membantu memfokuskan mata sang bayi.
3. Suara yang Lembut, Gendongan dan Belaian
Untuk mengembangkan ikatan yang kuat antara Anda dan bayi Anda.
4. Berbicara dengan Kontak Mata
Berusahalah menciptakan komunikasi dengannya. Ini adalah dasar dari kemampuan berbahasanya kelak. Katakan kata-kata sederhana seperti, “Halo bayi cantik” sambil menghadapkan wajah bayi kepada Anda dan menatap matanya. Jarak wajah Anda dan bayi sekitar 10 cm. Setelah 1 bulan, bayi juga menatap wajah Anda saat Anda berbicara. Dia juga akan mulai tersenyum dan membalas senyuman.

5. Suara Ritmis
Suara dengan nada yang konstan dan berulang-ulang diyakini dapat menenangkan bayi. Karena suara jenis inilah yang sering didengar bayi selama di dalam rahim, yaitu suara detak jantung dan bunyi perut ibu. Anda dapat menghadirkannya melalui:



  • CD/kaset murottal Alquran
  • gemericik air
  • mesin cuci, hair dryer atau vacuum cleaner yang berdengung, dll
6. Wajah
Bayi sangat suka memperhatikan wajah orang, terutama wajah orang-orang yang mencintai dan dicintainya. Coba berbagai ekspresi wajah dan bermacam-macam suara dari mulut Anda untuk membantu perkembangan penglihatan dan pendengarannya. Anda bisa mencoba:
  • menyanyi dengan mempertegas bentuk mulut
  • mengedip-ngedipkan mata
  • buat suara-suara seperti batuk atau bersin
  • mengajaknya bercermin
7. Mainan berwarna-warni dan Bergemerincing
Ini digunakan untuk merangsang bayi bergerak mengikuti benda. Hal ini untuk melatih motoriknya sekaligus kemampuan spasialnya. Reaksi bayi di awal-awal umurnya masih lambat. Berilah bayi waktu sekitar 2 detik untuk merespon Anda.



Gelang Gemerincing (rattle)
Termasuk mainan klasik dan populer. Disetiap masa perkembangan, mainan jenis ini pasti ada. Mainan berupa gelang yang dirangkai dengan bahan menimbulkan bunyi gemerincing saat digoncangkan ini melatih koordinasi indera penglihat, pendengar dan tangan. Bayi akan terpesona dengan bunyi dan warna-warni bahan mainan ini yang sangat menarik. Selain melatih indera, mainan jenis ini memperkenalkan bayi pada logika sebab akibat. Ia tahu, jika digoncangkan mainan akan bergemerincing. Sejalan dengan perkembangan zaman, mainan jenis ini muncul dalam berbagai desain dan dapat dijumpai di semua toko perlengkapan bayi.


  • menoleh ke kiri-kanan. Telentangkan bayi, bunyikan mainannya atau panggillah namanya dari sisi kanan tubuhnya dan kemudian ganti ke kiri hingga bayi dapat menoleh ke arah sumber suara
  • menggerakkan bola matanya ke kiri-kanan dan atas-bawah. Telentangkan bayi, gerakkan mainan ke kanan, ke tengah dan ke kiri secara perlahan. Ulangi terus hingga bayi dapat mengikutinya. Lalu latihlah dengan menggerakkan mainan ke atas-bawah
  • mengangkat kepala dan dada. Telungkupkan bayi, bunyikan mainannya di depan/atas bayi
  • meraih benda. gantungkan mainan di tempat yang dapat dilihat bayi. Menjelang usia 3 bulan, bantu bayi meraihnya
8. Mainan yang Dapat Diraba, Digenggam, Ditekan, Dipencet, Digoyang dll
Ini berguna untuk melatih koordinasi mata, tangan dan motorik halusnya. Pastikan mainan ini aman jika masuk ke mulut bayi. Jenis mainan ini misalnya:
  • kain aneka bahan dan tekstur
  • rattles
  • mainan karet yang berbunyi jika ditekan
  • piano mainan atau semacamnya, dll
Mainan Gantung


Mainan jenis ini membantu bayi mengenai rangsang visual dan memfokuskan perhatian. Warna2 dan gemerincing suara mainan ini mengasah pancaindera bayi usia 0-4 bulan yang tengah berkembang pesat. Anda bisa mendapatkan mainan ini di hampir semua toko perlengkapan bayi. Ada berbagai variasi. Ada yang menyatu dengan tempat tidur bayi, ada pula yang berdiri sendiri sehingga saat digantungkan bertumpu pada langit2 tempat tidur. Pilih mainan gantung berupa panduan warna2 cerah, hitam, putih dan merah. Warna 2 ini membantu menstimulasi indera penglihat anak.

Mainan untuk digigit (teethers atau biting toys)












Indera pengecap termasuk salah satu yang haus rangsang. Hampir semua kegiatan bayi usia 0-4 bulan melibatkan kegiatan memasukkan benda ke mulut. Meski permainan ini lebih merupakan kegiatan eksplorasi solitaire (sendirian, tanpa teman main), namun jenis mainan ini penting dan sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Bola berbahan lembut.

Meskipun belum mampu memegang bola, bayi usia 0-4 bulan membutuhkan bola terbuat dari kain lembut dengan warna-warna cerah yang kontras dan mudah dicuci berukuran sedang. Bola adalah mainan yang menarik indera penglihat dan peraba/perasa si kecil. Selain aman bola merupakan mainan yang mudah anda temukan di toko mainan atau toko perlengkapan bayi.





Boneka karet.



Biasanya dijual dalam bentuk boneka binatang yang berbunyi saat dipegang atau digigit. Selain dapat dimainkan sendirian, mainan ini dapat pula digunakan untuk bermain bersama orang tua saat mandi. Fungsi mainan ini mengasah indera sekaligus melatih perhatian dan memperkenalkan logika sebab-akibat karena mainan akan berbunyi jika digigit atau di genggam.
Label: edit post
0 Responses