Ina

Akhirnya kini saatnya saya share ttg pengalaman saya jalan2 bersama kluarga kecil kami jalan2 ke 3 negara dalam waktu 8 hari. Namun, sebelum masuk ke intinya saya perlu informasikan hal2 apa saja yg perlu dilakukan sblm melakukan perjalanan tersebut.

Kebetulan perjalanan ini kami persiapkan dari 1 bulan sebelumnya, tepatnya kami membeli tiket 1 bulan sebelum keberangkatan. Pemesanan tiket ini pengaruh lho dg harga tiket. Semakin lama book biasanya akan semakin murah, tergantung moment dan jam keberangkatan. Misalnya dalam hal ini untuk pemesanan pada hari2 tertentu seperti hari libur sekolah, tahun baru dan hari2 penting lainnya akan menjadi mahal. Sedangkan yg dimaksud dg jam keberangkatan adh biasanya jam malam lebih murah.

Nah, selanjutnya yg kami lakukan setelah fix pemesanan tiket tersebut, kami mulai mengumpulkan informasi sebanyak2nya mengenai tujuan perjalanan kami. Lumayan buaaanyak info yg kami dapat dr brows2 di internet. Kami cetak artikel2 yg sekiranya penting, dan ga kerasa kayak kami mau bikin skripsi aja qiqiqi, lebay nih. Hal penting tersebut beberapa diantaranya adalah, obyek wisata yg perlu dikunjungi berikut map-nya, jalur transportasi berikut alat transportasinya beserta harganya, hotel, surat dan barang2 yg perlu dibawa dll.

Alhamdulillahnya dari tanya2 ke beberapa teman yg sudah melakukan perjalanan, kami malah mendapat banyak brosur yg diperoleh ketika melakukan perjanan tsb. Bahkan sahabat kami ini yaitu Ummu Raisah jauh2 mengirimkan dari Jakarta ke Kualasimpang, Aceh khusus buat kami. Selain itu adapula yang menceritakan pada kami, tentang paket2 tour yg mereka ambil untuk memudahkan acara jalan2. Ada yang bercerita hanya membayar 3,5 juta untuk ke Singapore dalam 4 hari itu include tiket pesawat dan hotel, namun makan ga termasuk di dalamnya.

Nah setelah mengumpulkan informasi berikutnya adalah membuat schedule perjalanan untuk 8 hari di tiga negara. Nah dari sini kami mulai menemukan kekeliruan kami, yaitu kami berangkat dan pulang dari bandara yg sama di Kuala Lumpur, sehingga kami musti bolak balik ke KL, jadi kurang efisien. Berhubung nasi sudah menjadi bubur, mau tidak mau kita tetap harus melaksanankannya. Oh ya tiket ini kami peroleh dg harga murah lho hanya IDR 2.200.000,- pulang pergi Medan-KL pada jam sekitar 20.00 WIB. Dan itu bahkan bisa lebih murah bila kita memesannya beberapa hari lebih awal. Lalu, hal penting lain yg perlu dilakukan adalah membuat surat ijin cuti pada atasan hehe serta menyelesaikan beban kerja dan tanggungjawab yg ada pd kita sebelum keberangkatan. Ini pentiing bgt, agar kita nanti nyaman di perjalanan dan bisa traveling tanpa beban. Jadi lembur2 lah dulu bikin laporan tuk bersenang2 kemudian ^_^. And then good bye office, relakan kami berpiknik ria ...

Berikut ini adalah rencana jadual awal perjalanan kami, yg akhirnya ternyata ga meleset dari pelaksanaanya, 1 hari di KL --> 2 hari di Sg --> 2 hari di Penang --> 2 hari di Hadyai --> 1 hari di KL dan pulang. Nah secara singkat, saya uraikan di bawah ini ya, ntar detailnya lengkap dg foto2nya di postingan berikut aja yaa...

Hari Selasa, 23 Februari 2010 jam 20.55 WIB

Berangkat dari Polonia Medan, sampai di KL nginep di Hotel (dibantu 2 teman kami yg menjemput dan stay disana)

Hari Rabu, 24 Februari 2010

Start jalan2 KL. Awalnya kami tentukan petronas, masjid jamek, universitas dll, namun akhirnya kami ikutin guide dadakan kami disana hehe, berhubung kami belum tahu mengenai lokasi2 dan rutenya yg jelas.  Malamnya jam 12 kami start berangkat ke Singapore dari terminal Purduraya.

Hari Kamis, 25 Februari 2010

Kami sampai di Singapore, tepatnya di lavender jam 5.00 AM. Wah pagi banget nih. Akhirnya kami menuju rumah Mbak Nia, teman blogger kami di daerah Bedok dg Taxi. Pokoknya ucapan terimakasih tak terkira buat mbk Nia sekeluarga. karena selain copdar juga lumayaaan bgt buat ngirit pengeluaran kami hehe. Siangnya kami pun mulai kegiatan jalan2 kliling kota.

Hari Jumat, 26 Februari 2010

Kembali kami jalan2 mengelilingi Sing, khususnya lokasi yg belum kita kunjungi pada hari pertama, dan tetap dg menggunakan Hippo hop and off, paket perjalanan kota tuk wisatawan yg sebenarnya berlaku tuk 3 hari dg membayar SGD 33/orang. Sorenya kami melakukan perjalanan menuju Penang melewati terminal Larkin di Johor Bahru.

Hari Sabtu, 27 Februari 2010

Sampai di Butterworth, nyebrang ke Penang. Check ini hotel di Penang, istirahat bentar. Dan ternyata hotel kita dekat dg Masjid Kapiten Keling yg merupakan salah satu lokasi wisata di Penang, kedai muslim juga deket, alhamdulillah. Lalu kita kliling2 deh dg bus gratis yg merupakan fasilitas untuk wisatawan, tapi ternyata beberapa penduduk setempat banyak yg pake juga.

Hari Minggu, 28 Februari 2010

Keliling2 lagi, siangnya berangkat ke Hadyai pakai L300 yg memang sudah kami pesan sehari sebelumnya di kantor travel yg deket Komtar, masing2 MYR 30, termasuk buat Nabila yg child juga harganya sama.

Pada hari yg sama, kami sampai di Hadyai, tepatnya hanya sekitar 3,5 jam-an saja. Akhirnya kami cari hotel dibantu sama orang tuk2 langsung ke Lado Hotel. Alhamdulillah lagi, dapat hotel yg deket sama 2 rumah makan muslim. Murah lho hotelnya cuman bayar 460 baht (1 baht = Rp. 300,-) semalam dg 2 kasur double bed, AC, kulkas. Malamnya jalan2 pake kaki kliling2 yg deket2.

Hari Senin, 1 Maret 2010

Masih jalan2 di Hadyai-Songkla pake tuk2 ke beberapa lokasi termasuk pantai Shongkla yg kira2 1 jam dari pusat hadyai. Jalan2 kami ini dg tuk2 yg kami pesen tuk sekaligus ke lokasi2 yg kami tuju dg membayar 900 baht dari jam 11 AM - 17.00 AM.

Hari Selasa, 2 Maret 2010

Masih di Hadyai, jalan menuju masjid terdekat (harus dapet...). Ternyata agak jauh dari pusat kota. Tepatnya adalah Masjid Pakistan. Balik ke pusat kota, santai2. Jam 7 PM kita mulai perjalanan ke KL dg Konsortium Bus, dimana tiket tersebut telah kami pesan sehari sebelumnya. Karena baru kami tahu ketika kami pesan sehari sebelumnya di Travel Office nya, kalo tiket konsortium Bus ini selalu ramai dan penuh.

Hari Rabu, 3 Maret 2010

Hari ini adh jadual kepulangan kami. Tapi sebelum pulang pd malam harinya, kami sempatkan dulu ke Masjid Jamek yg belum kami kunjungi dan ke KLCC lagi untuk naik ke Skybridge yg pd hari pertama lalu tidak berhasil dapat tiket naik ke atas. Selanjutnya hunting oleh2 lagi di Pasar Seni, karena sepertinya yg kmrn blm cukup. Dan tahu tidak kali ini di KL, kami tanpa guide hehe. Ternyata sudah cukup expert buat keliling naik LRT endiri hehehe.  Sorenya kami ke bandara LCCT dg skybus/bus air asia dg membayar MYR 8/orang. Kami pikir bakalan nunggu lama disana sampai jam 20.00 pm jadual keberangkatan kami, ternyata kami waktunya mepet. Sampai2 ga bisa habisin makanan yg kami beli di Bandara. Dan berhubung namanya juga di LCCT, menuju ke pesawat kita musti jalan jauh hehe, cape deh ... But its ok. Akhirnya kami pulang dg membawa sejuta kenangan. Bye bye KL ...

Nah sementara segituh dulu ceritanya ... detil perjalanan, lokasi wisata, transportasi dan ongkosnya, disambung ntar lagi okeh ...

1. serunya yang habis liburan...ditunggu postingn komplitnya ya...

2. Anonymous11:19 AM

wii.. asyiknyaa... kliling teruss.. mau dunk oleh2nya naa hehe

3. Anonymous4:50 PM

ditunggu postingan jalan2nya lagi. kami juga brencana mo backpackeran --sebelum punya anak, hehee. sapa tau juga bisa jjs bareng kita.